PROGRAM SEMESTER I TK MIFTAHUL FALAH
TEMA
|
SUB TEMA
|
KOMPETENSI DASAR
|
MUATAN MATERI
|
ALOKASI WAKTU
|
Diri Sendiri
|
Identitasku
Tubuhku
Panca Indra
|
1.1 Mempercayai
Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2 Menghargai diri, orang lain,
& lingkungan
2.1 Memiliki perilaku yang
mencerminkan hidup sehat
2.2 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap ingin tahu
2.4 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap
estetis
2.5 Memiliki
perilaku yang mencerminkan
sikap percaya diri
2.8 Memiliki perilaku
yang mencerminkan kemandirian
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan
beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan
motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan
halus
3.6 Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran,
pola, sifat, suara, tekstur, fungsi,
dan ciri-ciri lainnya)
4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang
dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui
berbagai hasil karya
3.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal,
tempat ibadah, budaya, transfortasi)
4.7 Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, gerak tubuh, tentang lingkungan sosial
3.10 Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa
ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan
kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya
dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Juli
Minggu ke
IV s/d Agustus Minggu ke II
Tanggal
25 Juli-12 Agt
|
Lingkungan ku
|
Keluarga
|
1.1 Mempercayai Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2 Menghargai diri, orang
lain, & lingkungan
2.3 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.5 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap percaya diri
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat
terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.8 Memiliki perilaku yang
mencerminkan kemandirian
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.4 Mengetahui
cara hidup sehat
4.4 Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.7 Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transfortasi)
4.7 Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh,
tentang lingkungan
sosial
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas
seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni
dengan menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Agustus Minggu ke
III
Tanggal
15 Agt-19 Agt
|
Rumah
|
1.1 Mempercayai Tuhan melalui
ciptaan-Nya
1.2 Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap ingin tahu
2.4 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap
estetis
2.5 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap
percaya diri
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.6
Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7 Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transfortasi)
4.7 Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh,
tentang lingkungan
sosial
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni
dengan menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Agustus Minggu ke
IV
September Minggu ke
I
Tanggal
22 Agt-02 Sep
|
|
Sekolahku
|
1.2 Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.5 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap percaya diri
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat
terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara)
untuk melatih kedisiplinan
2.8 Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
menghargai dan toleran kepada orang lain
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun
kepada orang tua, pendidik, dan teman
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.6 Mengenal benda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, cirinya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7 Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transfortasi)
4.7 Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh,
tentang lingkungan
social
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas
seni
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
September Minggu ke
II
Tanggal
5 Sep-9 Sep
|
|
Kebutuhan
ku
|
Makanan
|
1.1 Mempercayai Tuhan melalui
ciptaanNya
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap ingin tahu
2.8 Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
4.4 Mampu menolong diri sendiri
untuk hidup sehat
3.5 Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
3.6
Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7 Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transfortasi)
4.7 Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh,
tentang lingkungan
sosial
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas
seni
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
September Minggu ke
III
Tanggal
19 Sep-23 Sep
|
Minuman
|
1.1 Mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.8 Memiliki perilaku yang
mencerminkan kemandirian
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.4 Mengetahui
cara hidup sehat
4.4 Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari
dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara
kreatif
3.6
Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7 Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transfortasi)
4.7 Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh,
tentang lingkungan
sosial
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas
seni
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
September Minggu ke
IV
Tanggal
26 Sep-30 Sep
|
|
Pakaian
|
1.2 Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
kreatif
2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.8 Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.4 Mengetahui
cara hidup sehat
4.4 Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.6
Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas
seni
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Oktober Minggu ke
I
Tanggal
3 Okt-7 Okt
|
|
Kebersihan,
Kesehatan dan Keamanan
|
1.2 Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap kreatif
2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
4.4 Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.6
Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas
seni
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Oktober Minggu ke
II
Tanggal
10 Okt-14 Okt
|
|
Binatang
|
Binatang
Darat (Binatang Peliharaan dan Binatang Buas), Binatang
Laut, Binatang Udara
|
1.1 Mempercayai Tuhan melalui
ciptaanNya
1.2 Menghargai
diri, orang lain, & lingkungan
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari
dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara
kreatif
3.6
Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.8 Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Oktober Minggu ke
III dan IV
Tanggal
17 Okt-26 Okt
Dan
November Minggu ke
I
Tanggal
31 Okt-4 Nov
|
Tanaman
|
Pohon, Buah-buahan, Sayuran, Pohon, Tanaman Obat, Umbi-umbian
|
1.1 Mempercayai Tuhan melalui
ciptaan-Nya
1.2 Menghargai lingkungan sebagai rasa syukur
2.1 Memiliki
perilaku yang mencerminkan hidup
sehat
2.3 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.8 Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap tanggung jawab
2.14 Memiliki
perilaku yang mencerminkan rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik
dan/atau pengasuh, dan teman
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.4 Mengetahui
cara hidup sehat
4.4 Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.6
Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.8 Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.14 Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
4.14 Mengungkapkan kebutuhan, keinginan,
dan minat diri dengan cara yang tepat
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
November
Minggu
ke
II-IV
Tanggal
7 Nov-25 Nov
|
|
PROGRAM SEMESTER II TK MIFTAHUL FALAH
TEMA
|
SUB TEMA
|
KOMPETENSI DASAR
|
MUATAN MATERI
|
ALOKASI WAKTU
|
Rekreasi
|
Kendaraan di darat, laut, dan udara
|
1.1 Mempercayai
Tuhan melalui ciptaanNya
1.2 Menghargai
diri, orang lain, & lingkungan
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah
sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara
kreatif
3.6 Mengenal benda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, cirinya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7 Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transfortasi)
4.7 Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh,
tentang lingkungan
sosial
3.8 Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15
Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Januari
Minggu
Ke
II-IV
Tanggal
9 Jan-27 Jan
|
Pesisir Pegunungan
|
1.1 Mempercayai
Tuhan melalui ciptaanNya
1.2 Menghargai
diri, orang lain, & lingkungan
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah
sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara
kreatif
3.6 Mengenal benda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, cirinya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7 Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transfortasi)
4.7 Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh,
tentang lingkungan
sosial
3.8 Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan
bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() |
Januari
Pebruari Minggu ke
1
Tanggal
30 Jan-3 Peb
|
|
Pekerjaan
|
Profesi, Pertukangan dan pedagang
|
1.2 Menghargai diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar sebagai
rasa syukur kepada Tuhan
2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya
diri
2.7 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk
melatih kedisiplinan
2.8 Memiliki perilaku yang
mencerminkan kemandirian
2.9 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta
bantuannya
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
2.11 Memiliki perilaku yang dapat
menyesuaikan diri
2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap tanggung jawab
2.13 Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap jujur
2.14 Memiliki
perilaku yang mencerminkan rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik
dan/atau pengasuh, dan teman
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah
sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara
kreatif
3.6 Mengenal benda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, cirinya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7 Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transfortasi)
4.7 Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh,
tentang lingkungan
sosial
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Pebruari
Minggu ke
II s/d III
Tanggal
6 Peb-17 Peb
|
Air Api Udara
|
Air, Api, Udara
|
1.1 Mempercayai adanya Tuhan
melalui ciptaan-Nya
1.2 Menghargai diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar sebagai
rasa syukur kepada Tuhan
2.1 Memiliki
perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin
tahu
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar
(mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk
melatih kedisiplinan
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar &
motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.6 Mengenal benda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, cirinya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.8 Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Pebruari
Minggu
ke
IV
Maret
Minggu ke
II
Tanggal
27 Peb-17 Mar
|
Alat
Komunikasi
|
Media
Elektronik
|
1.2 Menghargai diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar sebagai
rasa syukur kepada Tuhan
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.6 Mengenal benda disekitarnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, dan cirinya)
4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana
benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola,
sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Maret
Minggu
ke
III
Tanggal
20 Mar-24 Mar
|
Media Cetak
|
1.2 Menghargai diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar sebagai
rasa syukur kepada Tuhan
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.6 Mengenal benda disekitarnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, dan cirinya)
4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana
benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola,
sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan
bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() |
Maret
Minggu
ke
IV
Tanggal
27 Mar-31 Mar
|
|
Tanah
Airku
|
Negara Ku
(Bendera,lambang
Negara,
pulau-pulau, di Indonesia,tarian dan budaya)
Kehidupan di
desa dan di kota
|
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
2.2 Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap ingin tahu
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.5 Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
3.6
Mengenal
benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, ciri lainnya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7
Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.7 Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi)
3.8 Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
April
Minggu
ke
I - III
Tanggal
3 Apr-21 Apr
|
Alam
Semesta
|
Benda-benda
langit
|
1.1 Mempercayai adanya Tuhan
melalui ciptaan-Nya
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin
tahu
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.5 Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
3.6
Mengenal
benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, ciri lainnya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.8 Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
April
Minggu
ke
IV
Tanggal
24 Apr-28 Apr
|
Benda-benda
bumi
|
1.1 Mempercayai adanya Tuhan
melalui ciptaan-Nya
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin
tahu
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.5 Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
3.6
Mengenal
benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, ciri lainnya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.8 Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Mei
Minggu
ke
I
Tanggal
1 Mei-5 Mei
|
|
Gejala Alam
|
1.1 Mempercayai adanya Tuhan
melalui ciptaan-Nya
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin
tahu
2.9 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli
dan mau membantu jika diminta bantuannya
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.5 Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
3.6
Mengenal
benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, ciri lainnya)
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.8 Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Mei
Minggu ke
III
Tanggal
15 Mei-19 Mei
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar