Selasa, 23 Agustus 2016

Program Semester 2016-2017

PROGRAM SEMESTER I TK MIFTAHUL FALAH
TEMA
SUB TEMA
KOMPETENSI DASAR
MUATAN MATERI
ALOKASI WAKTU
Diri Sendiri
Identitasku
Tubuhku
Panca Indra
1.1   Mempercayai Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2   Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.1   Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.4   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.5   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.8   Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
3.1  Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.6   Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7   Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transfortasi)
4.7   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, tentang   lingkungan sosial
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Bersyukur atas ciptaan Allah
*     Do’a bercermin
*     Menyebutkan identitas diri dan teman
*     Organ tubuh dan fungsi panca indra
*     Manfaat Tubuh
*     Ciri-ciri  tubuh dan  panca indra
*     Gerak dan lagu

Juli
Minggu ke
 IV  s/d Agustus Minggu ke II
Tanggal
25 Juli-12  Agt

Lingkungan ku
Keluarga
1.1    Mempercayai Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2    Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.3    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.5    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.6   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.8    Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.4   Mengetahui cara hidup sehat
4.4   Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.7   Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transfortasi)
4.7   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, tentang   lingkungan sosial
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Bersyukur masih mempunyai keluarga
*     Do’a untuk orang tua
*     Anggota dan peran keluarga
*     Menjaga dan memelihara lingkungan
*     Tugas-tugas anggota keluarga
*     Kebiasaan dalam keluarga
*     Gerak dan Lagu
Agustus Minggu ke
 III
Tanggal
15 Agt-19 Agt
Rumah
1.1   Mempercayai Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2   Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.1   Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.4   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.5   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.6   Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7   Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transfortasi)
4.7   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, tentang   lingkungan sosial
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Do’a keluar rumah
*     Manfaat rumah
*     Bagian-bagian rumah
*     Jenis rumah
*     Perlengkapan rumah
*     Gerak dan Lagu
Agustus Minggu ke
IV
September Minggu ke
 I
Tanggal
22 Agt-02 Sep
Sekolahku
1.2   Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.5   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.6    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.7   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.8   Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, pendidik, dan teman
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.6   Mengenal benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi,  cirinya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7   Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transfortasi)
4.7   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, tentang   lingkungan social
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
*     Memberi dan membalas salam ketika datang ke sekolah
*     Manfaat sekolah
*     Perlengkapan sekolah
*     Bagian-bagian sekolah
*     Gerak dan lagu
September Minggu ke
II
Tanggal
5 Sep-9 Sep
Kebutuhan ku
Makanan
1.1   Mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
2.1   Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.8   Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.4   Mengetahui cara hidup sehat
4.4   Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.5   Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5   Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
3.6   Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7   Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transfortasi)
4.7   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, tentang   lingkungan sosial
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
*     Do’a sebelum dan sesudah makan
*     Adab makan
*     Jenis-jenis makanan
*     Ciri-ciri makanan
*     Akibat tidak makan
*     Peralatan Makan
*     Gerak dan Lagu
September Minggu ke
III
Tanggal
19 Sep-23 Sep
Minuman
1.1 Mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
2.1  Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.8  Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
3.1  Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1  Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3  Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3  Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.4  Mengetahui cara hidup sehat
4.4  Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
3.6   Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7   Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transfortasi)
4.7   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, tentang   lingkungan sosial
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
*     Adab Minum yang disukai Tuhan
*     Jenis-jenis Minuman
*     Tempat minuman
*     Manfaat Minum
*     Peralatan Minum
*      Gerak dan lagu

September Minggu ke
 IV
Tanggal
26 Sep-30 Sep

Pakaian
1.2   Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.1  Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.4  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.8  Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
3.1  Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1  Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3  Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3  Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.4  Mengetahui cara hidup sehat
4.4  Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.6   Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
*     Do’a berpakaian
*     Manfaat pakaian
*     Jenis-jenis Pakaian
*     Asal mula pakaian
*     Tempat pakaian
*     Gerak dan lagu
Oktober Minggu ke
 I
Tanggal
3 Okt-7 Okt
Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan
1.2   Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.1   Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.4   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
3.1  Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1  Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.4   Mengetahui cara hidup sehat
4.4   Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.6   Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
*     Do’a masuk WC dan keluar WC
*     Jenis-jenis alat-alat  kesehatan, kebersihan dan keamanan
*     Manfaat kebersihan, kesehatan dan keamanan
*     Akibat kebersihan, kesehatan dan keamanan
*     Perlengkapan kebersihan, kesehatan dan keamanan
*     Gerak dan lagu
Oktober Minggu ke
 II
Tanggal
10 Okt-14 Okt
Binatang
Binatang Darat (Binatang Peliharaan dan Binatang Buas), Binatang Laut, Binatang Udara
1.1   Mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
1.2   Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.2   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
3.6   Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.8   Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Binatang  merupakan ciptaan Allah
*     Jenis-jenis binatang
*     Tempat tinggal binatang
*     Ukuran dan bentuk binatang
*     Makanan Binatang
*     Ciri-ciri binatang
*     Bahaya binatang
*     Gerak dan lagu
Oktober Minggu ke
 III dan IV
Tanggal
17 Okt-26 Okt
Dan
November Minggu ke
I
Tanggal
31 Okt-4 Nov
Tanaman
Pohon, Buah-buahan, Sayuran, Pohon, Tanaman Obat, Umbi-umbian
1.1   Mempercayai Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2   Menghargai lingkungan sebagai rasa syukur
2.1   Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.3   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.8   Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.4  Mengetahui cara hidup sehat
4.4  Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.6   Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.8   Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.14 Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
4.14 Mengungkapkan kebutuhan, keinginan, dan minat diri dengan cara yang tepat
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Tanaman ciptaan Tuhan
*     Macam-macam tanaman
*     Manfaat tanaman
*     Kandungan vitamin
*     Ciri-ciri tanaman
*     Cara Menanam
*     Cara Memelihara
*     Gerak dan Lagu
November
Minggu ke
 II-IV
Tanggal
7 Nov-25 Nov


PROGRAM  SEMESTER  II TK MIFTAHUL FALAH
TEMA
SUB TEMA
KOMPETENSI DASAR
MUATAN MATERI
ALOKASI WAKTU
Rekreasi
Kendaraan di darat, laut, dan udara
1.1   Mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
1.2   Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.2   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.5   Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5   Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
3.6   Mengenal benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, cirinya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7   Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transfortasi)
4.7   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, tentang   lingkungan sosial
3.8   Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Do'a naik kendaraan
*     Manfaat kendaraan darat
*     Jenis-jenis kendaran darat
*     Bagian-bagian kendaraan darat
*     Pengemudi kendaraan
*     Bahan bakar kendaraan
*     Gerak dan lagu

Januari
Minggu Ke
II-IV
Tanggal
9 Jan-27 Jan
Pesisir Pegunungan
1.1   Mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
1.2   Menghargai diri, orang lain, & lingkungan
2.2   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.5   Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5   Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
3.6   Mengenal benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, cirinya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7   Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transfortasi)
4.7   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, tentang   lingkungan sosial
3.8   Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Bersyukur Kepada Tuhan atas ciptaan-Nya
*     Manfaat pesisir pegunungan
*     Hasil pesisir pegunungan
*     Gerak dan Lagu
Januari
Pebruari Minggu ke
 1
Tanggal
30 Jan-3 Peb
Pekerjaan
Profesi, Pertukangan dan pedagang
1.2   Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar    sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.5   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.7     Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.8     Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.9     Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
2.11 Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
2.13 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.5   Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5   Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
3.6   Mengenal benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, cirinya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7   Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transfortasi)
4.7   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, tentang   lingkungan sosial
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Bacaan sebelum dan sesudah bekerja
*     Macam-macam pekerjaan
*     Tempat bekerja
*     Perlengkapan bekerja
*     Gerak dan lagu

Pebruari Minggu ke
II s/d III
Tanggal
6 Peb-17 Peb



Air Api Udara
Air, Api, Udara
1.1   Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2   Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar    sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.1   Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.7   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar & motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3.6   Mengenal benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, cirinya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.8   Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Air Api Udara merupakan ciptaan Tuhan
*     Macam-macam sumber Air Api Udara
*     Manfaat  Air Api Udara
*     Sifat-sifat Air Api Udara
*     Bahaya Air Api Udara
*     Gerak dan lagu

Pebruari
 Minggu ke
IV
Maret
Minggu ke
 II
Tanggal
27 Peb-17 Mar
Alat Komunikasi
Media Elektronik

1.2   Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar    sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.3   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.6   Mengenal benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, dan cirinya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Jenis-jenis Media elektronik
*     Bagian-bagian media elektronik
*     Manfaat media elektronik
*     Cara menggunakan media elektronik
*     Gerak dan Lagu
Maret
Minggu ke
III
Tanggal
20 Mar-24 Mar
Media Cetak

1.2   Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar    sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.3   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.6   Mengenal benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, dan cirinya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Macam-macam media cetak
*     Manfaat media cetak
*     Bentuk dan ukuran media cetak
*     Gerak dan lagu
Maret
Minggu ke
IV
Tanggal
27 Mar-31 Mar
Tanah Airku
Negara Ku
(Bendera,lambang
Negara, pulau-pulau, di Indonesia,tarian dan budaya)
Kehidupan di desa dan di kota
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar    sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.5   Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5   Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
3.6   Mengenal benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi,  ciri lainnya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.7   Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)
4.7   Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.8   Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Hari Besar Agama
*     Warna Bendera
*     Lambang Negara
*     Butir Pancasila
*     Macam-macam pulau
*     Ciri-ciri khas setiap Negara atau daerah
*     Kebiasaan di desa dan kota
*     Gerak dan lagu

April
Minggu ke
I - III
Tanggal
3 Apr-21 Apr
Alam Semesta
Benda-benda langit
1.1   Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
2.2   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.5   Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5   Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
3.6   Mengenal benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, ciri lainnya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.8   Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Benda langit merupakan ciptaan Tuhan
*     Macam-macam benda langit
*     Bentuk benda langit
*     Manfaat benda langit
*     Gerak dan lagu
April
 Minggu ke
IV
Tanggal
24 Apr-28 Apr

Benda-benda bumi
1.1   Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
2.2   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.5   Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5   Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
3.6   Mengenal benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, ciri lainnya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.8   Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Benda-benda bumi merupakan ciptaan Tuhan
*     Macam-macam benda bumi
*     Bentuk benda bumi
*     Manfaat benda bumi
*     Gerak dan lagu

Mei
 Minggu ke
I
Tanggal
1 Mei-5 Mei
Gejala Alam
1.1   Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
2.2   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.9   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
3.1   Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1   Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3   Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3   Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.5   Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5   Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
3.6   Mengenal benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi,  ciri lainnya)
4.6   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.8   Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8   Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.9   Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9   Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal  dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
*     Gejala alam merupakan ciptaan Tuhan
*     Macam-macam gejala alam
*     Penyebab gejala alam
*     Akibat gejala alam
*     Gerak dan lagu
Mei
 Minggu ke
III
Tanggal
15 Mei-19 Mei



Tidak ada komentar:

Posting Komentar