KURIKULUM
TK MIFTAHUL FALAH
TK MIFTAHUL FALAH
UPT TK, SD
DAN NON FORMAL KECAMATAN CIMAUNG
Kp. Babakan Cianjur RT 01/01 Desa Malasari
Kecamatan Cimaung
2017/2018
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah Puja dan puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya Taman Kanak-kanak Miftahul Falah
Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung telah berhasil menyusun Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan.
Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini merupakan hasil musyawarah
antara pengurus yayasan, komite
sekolah, kepala Taman Kanak-kanak, dan guru-guru Taman Kanak-kanak. Berdasarkan kepada
karakteristik daerah, lingkungan dan berorientasi kepada kebutuhan anak, kami
menyadari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini masih banyak
kekurangan, tetapi kami akan senantiasa berusaha untuk meningkatkan kemampuan
dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini.
Mudah-mudahan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
ini dapat bermanfaat khususnya bagi sekolah kami, umumnya
bagi sekolah-sekolah lain. Tak lupa kami mohon maaf apabila dalam
penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini ada kekurangannya.
KTSP
ini mulai dilaksanakan pada tahun pelajaran 2017/2018, kami mengucapkan terima
kasih kepada semua pihak yang telah meluangkan waktu, pikiran, tenaga dan biaya
untuk menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini, semoga Allah SWT
senantiasa memberikan inayah dan petunjuknya terhadap segala upaya yang kita
lakukan demi peningkatan mutu pendidikan di lembaga kami.
Cimaung, 31 Juli 2017
Kepala TK Miftahul Falah
Kecamatan
Cimaung
IRNA RISTINA F, A.Ma
SURAT PENGESAHAN
PEMBERLAKUAN KTSP TK MIFTAHUL FALAH
Berdasarkan pengajuan
permohonan pengesahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang disiapkan
oleh :
Nama TK : TK Miftahul Falah
Nama Kepala TK : Irna Ristina F, A.Ma
Ijin Operasional : 421.1/789 SubDin TK-SD/2005
Alamat : Kp.
Babakan Cianjur RT 01/01 Malasari Kec. Cimaung
Maka UPT TK, SD dan Non
Formal Kecamatan Cimaung Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung dengan
mempertimbangkan :
1.
Dasar-dasar hukum dan acuan yang
digunakan dalam pengembangan KTSP di satuan PAUD tersebut.
2.
Tata cara pengembangan KTSP yang
dilakukan tim penyusun di satuan PAUD tersebut.
3.
Bukti fisik seluruh dokumen KTSP yang
telah disusun dari tim penyusun satuan PAUD tersebut.
Maka dengan ini
menyatakan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada satuan PAUD
tersebut dapat diterapkan/dilaksanakan sebagaimana mestinya, dengan
catatan satuan PAUD tersebut tetap berupaya secara terus menerus dapat
meningkatkan mutu KTSP di lembaganya.
Yang
Mengajukan Pengesahan
Kepala TK Miftahul
Falah
Ketua Yayasan
Irna
Ristina F, A.Ma Enung Suparman
Tanda Pengesahan
Pengawas TK
Kecamatan Cimaung
Lilis Mulyani, S.Pd, M.M
NIP.
19660517 198603 2 005
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar............................................................................................................. i
Surat
Pengesahan.......................................................................................................... ii
Daftar
Isi....................................................................................................................... iii
BAGIAN I PROFIL LEMBAGA.......................................................................... 1
A. Sejarah
Singkat TK Miftahul Falah.................................................. 1
B. Struktur
Kepengurusan TK Miftahul Falah..................................... 1
C. Alamat
dan Peta Lokasi TK Miftahul Falah.................................... 2
D. Status,
Ijin Operasional, dan Akreditasi TK Miftahul Falah........... 2
BAGIAN II DOKUMEN I....................................................................................... 3
A. Pendahuluan..................................................................................... 3
1. Latar
Belakang............................................................................. 3
2. Dasar
Operasional Penyusunan KTSP TK Miftahul Falah.......... 3
3. Tujuan
Penyusunan KTSP TK Miftahul Falah............................ 4
B. Visi,
Misi dan Tujuan TK Miftahul Falah........................................ 4
1. Visi
TK Miftahul Falah................................................................ 4
2. Misi
TK Miftahul Falah............................................................... 4
3. Tujuan
TK Miftahul Falah........................................................... 4
C. Karakteristik
Kurikulum TK Miftahul Falah.................................... 4
D. Program
Pengembangan dan Muatan Pembelajaran........................ 5
F. Standar
Operasional Prosedur (SOP)...............................................
11
BAGIAN III DOKUMEN II..................................................................................... 13
A. Program
Semester............................................................................. 13
B. Rencana
Pelaksanaan Program Mingguan........................................ 13
C. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Harian..................................... 14
D. Penilaian……………………………………………………………15
BAGIAN IV PENUTUP............................................................................................ 16
BAGIAN V LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAGIAN I
PROFIL LEMBAGA
A. Sejarah Singkat TK Miftahul Falah
Taman Kanak Kanak Miftahul Falah,
didirikan oleh Bapak Enung Suparman yang menjabat sebagai Ketua Yayasan
Miftahul Falah pada bulan Juli tahun 1998 dengan lokasi Kp. Babakan Cianjur RT
01/01 Desa Malasari Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung.
Taman Kanak-kanak ini didirikan
berdasarkan Akta Pendirian dengan nomor register 15/23 Juli 2002 yang
dikeluarkan oleh Notaris Tatie Hayatiningrum, SH. Tapi seiringnya waktu
berjalan dan aturan yang mengharuskan sebuah yayasan itu harus dikuatkan dengan
payung hukum Kemenkumham, maka pada tanggal 12 Oktober 2015 dirubahlah Akta
Notaris No. 140,- oleh Notaris Deni S, SH, M.Kn dan SK Kemenkumham No. AHU-0018080.AH.01.04.Tahun
2015 Tanggal 21
Oktober 2015.
B. Struktur Kepengurusan Satuan
Lembaga
Struktur
Kepengurusan TK Miftahul Falah
KETUA YAYASAN
ENUNG
SUPARMAN
|
KEPALA SEKOLAH
IRNA
RISTINA F, A.Ma
|
KOMITE SEKOLAH
RANI
KARTINI
|
GURU KELAS
ANNISA
NUR FADHILA
|
GURU KELAS
ENTIN
KARTINI
|
1.
Ketua Yayasan Miftahul Falah Malasari
bertanggung jawab dalam:
a.
Pengembangan pendidikan di TK Miftahul
Falah.
b. Bekerjasama
dengan berbagai pemangku kebijakan dalam rangka optimalisasi sumber belajar dan sumber dana.
2.
Kepala TK Miftahul Falah, bertanggung
jawab dalam:
a. Pengembangan
program Taman kanak-Kanak.
b. Mengkoordinasikan
guru-guru Taman kanak-kanak.
c. Mengelola
administratif Taman kanak-kanak.
d. Melakukan
evaluasi dan pembinaan terhadap kinerja guru TK.
e. Melakukan
evaluasi terhadap program pembelajaran di Taman Kanak-kanak.
3.
Guru bertanggung jawab dalam:
a.
Menyusun rencana pembelajaran.
b.
Mengelola pembelajaran sesuai dengan
kelompoknya.
c.
Mencatat perkembangan anak.
d.
Menyusun pelaporan perkembangan anak.
e.
Melakukan kerjasama dengan orang tua
dalam program parenting.
C.
Alamat
dan Peta Lokasi Satuan Lembaga PAUD
TK Miftahul Falah terletak di Jalan Cangkuang
Cikalong Kp. Babakan Cianjur RT 01 RW 01 Desa Malasari Kecamatan Cimaung Kabupaten
Bandung.
D. Status Satuan Lembaga PAUD
Taman Kanak-Kanak
Miftahul Falah merupakan satuan PAUD yang dikelola dengan manajemen berbasis
masyarakat dibawah naungan Yayasan Miftahul Falah Malasaridengan status Swasta,
yang telah memiliki ijin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung
pada tanggal 14 april 2005 dengan No. 421.1/789-SubDin
TK-SD/2005 dan telah telah lulus akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional tahun 2012 dengan Nomor Sertifikat 02.00/205/BAP-SM/SK/X/2012
pada tanggal 21 Oktober 2012 dengan predikat nilai B (baik).
BAGIAN II
DOKUMEN I
A.
Pendahuluan
1. Latar Belakang
Pendidikan anak usia Pendidikan anak
usia dini diyakini menjadi dasar bagi penyiapan sumber daya manusia yang
berkualitas di masa datang. Oleh karena itu layanan PAUD harus dirancang dengan
seksama dengan memperhatikan perkembangan anak, perubahan ilmu pengetahuan dan
teknologi serta budaya yang berkembang. Memahami kondisi tersebut, maka Taman
Kanak-Kanak Miftahul Falah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum
Tingkat Satuan PAUD. Kurikulum Tingkat Satuan PAUD Taman Kanak-Kanak Miftahul
Falah disusun oleh Tim Pengembang Lembaga yang terdiri dari Kepala Sekolah,
Yayasan, Tim Guru dan Komite orang tua dengan bimbingan Pengawas TK. Kurikulum
Taman Kanak-Kanak Miftahul Falah disusun sebagai acuan penyelenggaraan dan
pengelolaan keseluruhan program dan pelaksanaan pembelajaran. Kurikulum Taman
Kanak-Kanak Miftahul Falah juga dijadikan sebagai patokan untuk melaksanakan
pengukuran keberhasilan pencapaian
tujuan, program dan keseluruhan kegiatan pembelajaran sekaligus sebagai tolok
ukur untuk peningkatan dan perbaikan mutu satuan pendidikan
secara bertahap dan berkesinambungan.
2.
Dasar
Operasional Penyusunan KTSP TK Miftahul Falah
a. Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
b. Peraturan
Presiden Republik Indonesia Nomor 60 tahun 2013 tentang
pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif.
c. Peraturan
Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan.
d. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137
tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan PAUD.
e. Permendikbud
Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak usia Dini.
f. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan
Kurikulum tahun 2006 dan Kurikulum 2013 pasal 7.
g. Pedoman
Penyusunan KTSP PAUD Direktorat PAUD Tahun 2016.
h.
Visi Misi dan Tujuan TK Miftahul Falah.
KTSP
disusun dengan tujuan
sebagai berikut:
a.
Memberikan
acuan bagi kepala sekolah dan dewan guru dalam menyusun program layanan anak
usia dini.
b.
Memberikan
acuan bagi kepala sekolah dan dewan guru
dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan kegiatan lain yang
mendukung pencapaian keberhasilan belajar anak.
c.
Memberikan
informasi kepada masyarakat sekolah tentang program Pendidikan Anak Usia Dini
yang diberikan oleh pihak sekolah kepada
anak.
d.
Memberikan
acuan dalam melaksanakan pengukuran keberhasilan
pencapaian tujuan, program dan keseluruhan kegiatan pembelajaran.
e.
Memberikan pedoman
sebagai dokumen program yang diperlukan dalam pemberian pembinaan
terhadap Pendidik.
B.
Visi,
Misi dan Tujuan
1.
Visi
Taman Kanak-Kanak Miftahul Falah
“Terwujudnya
Anak Yang Cerdas, Mandiri Dan ber Akhlakul
Karimah”.
2.
Misi
Taman Kanak-Kanak Miftahul Falah
a. Membantu anak untuk mengembangkan berbagai
potensi diri melalui kegiatan bermain yang edukatif
b. Menumbuhkembangkan potensi diri anak, percaya
diri dan mampu memecahkan masalah sederhana secara mandiri
c.
Mengembangkan
pribadi anak yang berakhlak dan berbudi luhur sesuai ajaran agama yang dianut
3.
Tujuan
Taman Kanak-Kanak Miftahul Falah
a. Mempersiapkan anak usia dini untuk memasuki
pendidikan dasar dengan belajar sambil bermain
b. Terwujudnya suasana sekolah yang kondusif
c. Mengasuh
dan membina peserta didik dengan penuh kasih sayang dan kesabaran.
C.
Karakteristik
Kurikulum Taman Kanak-kanak Miftahul Falah
Kurikulum Taman Kanak-Kanak Miftahul Falah disusun dengan mengusung nilai-nilai
islami sebagai dasar untuk pengembangan karakter peserta didik. Nilai-nilai
karakter yang dikembangkan antara lain: kepemimpinan, jujur, kreativitas, dan
seterusnya. Penerapan nilai-nilai dilakukan melalui pembiasaan rutin yang
diterapkan selama anak berada di Taman Kanak-kanak Miftahul
Falah.
Taman Kanak-kanak Miftahul Falah
mengembangkan program khusus dan pendukung sebagai program unggulan dari TK
Miftahul Falah berupa:
1.
Pengenalan alam sekitar
2.
Kegiatan parenting
3.
Kegiatan pentas seni dan prestasi anak
4.
Muatan lokal di TK Miftahul Falah,
terdiri atas:
a.
Bahasa Sunda
b.
Pendidikan Agama Islam
c.
Bahasa Inggris
5.
Memperingati hari besar agama
Alokasi pembelajaran di TK Miftahul
Falah sebanyak 24 jam (900 menit) dalam seminggu, @180 menit/hari. Kegiatan pembelajaran
tatap muka dilaksanakan selama 5 hari dari Senin sampai Jum’at dimulai dari
pukul 8.00 – 11.00 WIB sesuai jadwal kegiatan harian dilampirkan dalam lampiran
KTSP.
Dalam mengelola kegiatan pembelajaran
yang menyenangkan, kreatif, dan partisipatif. Taman Kanak-kanak Miftahul Falah menerapkan
model pembelajaran area, dimana kelompok anak dalam satu hari bermain dalam 4
Area yang didalamnya berisi berbagai aktivitas sebagai pemenuhan densitas main.
Area yang disiapkan adalah: Area Sains, Area Seni, Area Matematika, Area Balok,
Area Bahasa, Area Agama, Area Drama dan area Pasir Air.
D.
Program
Pengembangan dan Muatan Pembelajaran
PROGRAM
PENGEMBANGAN
|
KOMPETENSI
DASAR YANG DICAPAI
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
|
Nilai-nilai
Agama dan Moral
|
1.1
|
Mempercayai adanya Tuhan melalui
ciptaan-Nya
|
Mengetahui sifat Tuhan sebagai
pencipta, mengenal ciptaan-ciptaan Tuhan, membiasakan mengucap-kan kalimat
pujian terhadap ciptaan Tuhan
|
1.2
|
Menghargai diri sendiri, orang lain,
dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
Terbiasa saling menghormati
(toleransi) agama, mengucapkan keagungan Tuhan sesuai agamanya, merawat
kebersihan diri, tidak menyakiti diri atau teman, menghargai teman (tidak
mengolok-olok), hormat pada guru dan orang tua, menjaga dan merawat tanaman,
binatang peliharaan dan ciptaan Tuhan
|
|
2.13
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
jujur
|
Terbiasa berbicara sesuai fakta, tidak
curang dalam perkataan dan perbuatan, tidak berbohong, meng-hargai
kepemilikan orang lain, mengembalikan benda yang bukan haknya, mengerti
batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, terus terang, anak senang melakukan
sesuatu sesuai aturan atau kesepakatan, dan mengakui kelebihan diri atau
temannya
|
|
3.1
4.1
|
Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
Doa-doa (doa sebelum dan sesudah
belajar, doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum dan bangun tidur, doa
untuk kedua orang tua), mengenal hari-hari besar agama, hari-hari besar
agama, cara ibadah sesuai hari besar agama, tempat ibadah, tokoh keagamaan.
|
|
3.2
4.2
|
Mengenal
perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
Menunjukkan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
Perilaku baik dan santun disesuaikan
dengan agama dan adat setempat; misalnya tata cara berbicara secara santun,
cara berjalan melewati orang tua, cara meminta bantuan, cara menyampaikankan
terima kasih setelah mendapatkan bantuan, tata cara beribadah sesuai agamanya
misalnya; berdoa, tata cara makan, tata cara memberi salam, cara berpakaian,
menolong teman, orang tua dan guru.
|
|
Fisik
Motorik
|
2.1
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
hidup sehat
|
Kebiasaan anak makan makanan bergizi
seimbang, kebiasaan merawat diri misalnya; mencuci tangan, menggosok gigi,
mandi, berpakaian bersih,menjaga kebersihan lingkungan misalnya; kebersihan
tempat belajar dan lingkungan, menjaga kebersihan alat main dan milik
pribadi.
|
3.3
4.3
|
Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan
gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
|
Nama anggota tubuh, fungsi anggota
tubuh, cara merawat, kebutuhan agar anggota tubuh tetap sehat, berbagai
gerakan untuk melatih motorik kasar dalam kelenturan, kekuatan, kestabilan,
keseimbangan, kelincahan, kelenturan, koordinasi tubuh. Kegiatan untuk latihan
motorik kasar antara lain merangkak, berjalan, berlari, merayap, berjinjit,
melompat, meloncat, memanjat, menendang,bergelantungan, berguling dengan
menggunakan gerakan secara terkontrol, seimbang dan lincah dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur (misal: menirukan gerakan benda, senam, tarian,
permainan tradisional, dll). Keterampilan motorik halus untuk melatih
koordinasi mata dan tangan, kelenturan pergelangan tangan, kekuatan dan
kelenturan jari-jari tangan, melalui kegiatan antara lain; meremas,
menjumput, meronce, menggunting,menjahit,mengancingkan baju, menali sepatu,
menggambar, menempel, makan, dll. Permainan motorik kasar/halus dengan
aturan.
|
|
3.4
4.4
|
Mengetahui cara hidup sehat
Mampu menolong diri sendiri untuk
hidup sehat
|
Cara merawat kebersihan diri (misal:
mencuci tangan, berlatih toilet, merawat gigi, mulut, telinga, hidung,
olahraga, mandi 2x sehari; memakai baju bersih), memilih makanan dan minuman
yang sehat, makanan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat. Cara menghindarkan
diri dari bahaya kekerasan (melindungi anggota tubuh yang terlarang : mulut,
dada, alat kelamin, pantat; waspada terhadap orang asing/tidak dikenal). Cara
menghindari dari benda berbahaya misalnya pisau, listrik, pestisida,
kendaraan saat di jalan raya. Cara menggunakan toilet dengan benar tanpa
bantuan. Kebiasaan buruk yang harus dihindari (permen, nonton tv atau main
game, tidur larut malam, jajan sembarang).
|
|
Kognitif
|
2.2
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap ingin tahu
|
Membiasakan eksploratif
Cara bertanya
Cara mendapatkan jawaban.
|
2.3
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap kreatif
|
Pemahaman tentang kreatif,
Membiasakan kerja secara kreatif,
|
|
3.5
4.5
|
Mengetahui cara memecahkan masalah
sehari-hari dan berperilaku kreatif
Menyelesaikan masalah sehari-hari
secara kreatif
|
Cara mengenali masalah, cara
mengetahui penyebab masalah, cara mengatasi masalah, menyelesaikan kegiatan
dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah.
|
|
3.6
4.6
|
Mengenal bendabenda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya)
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana
bendabenda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola,
sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil
karya
|
Bentuk dua dimensi (persegi, segi
tiga, bulat, segi panjang), bentuk tiga dimensi (kubus, balok, limas, tabung),
ukuran (panjang-pendek, besar-kecil, berat-ringan, sebentar-lama), bilangan
(satuan, puluhan), tekstur (kasar-halus, keras-lunak), suara (cepat-lambat,
keras-halus, tinggi-rendah), pengelompokkan (berdasarkan warna, bentuk,
ukuran, fungsi, warna-bentuk, warna-ukuran, ukuran-bentuk,
warna-ukuran-bentuk), membandingkan benda berdasarkan ukuran “lebih dari –
kurang dari” “paling/ter), mengurutkan benda berdasarkan seriasi
(kecil-sedang-besar), mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi (sangat kecil-
lebih kecil- kecil- besar- lebih besar- paling besar), pola ABC-ABC,ABCD-ABCD
berdasarkan urutan warna, bentuk, ukuran, bunyi, warna, fungsi, sumber, dll. Mencocokkan
lambang bilangan dengan jumlah bilangan. Hubungan satu ke satu, satu ke
banyak, kelompok ke kelompok. Mengenal lambang bilangan
|
|
3.7
4.7
|
Mengenal lingkungan sosial (keluarga,
teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
Menyajikan berbagai karya yang
berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat
ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan
gerak tubuh
|
Mencocokan Keluarga (hubungan dalam
keluarga, peran, kebiasaan, garis keturunan, dst), teman (nama, ciri-ciri, kesukaan,
tempat tinggal dst), lingkungan geografis (pedesaan/ pantai/
pegunungan/kota), kegiatan orang-orang (di pagi/sore hari, dst), pekerjaan
(petani, buruh, guru, dll), budaya (perayaan terkait adat, pakaian, tarian,
makanan, dst), tempat-tempat umum (sekolah, pasar, kantor pos, kantor polisi,
terminal, dst), berbagai jenis transportasi (transportasi darat, air, udara,
transportasi dahulu, dan sekarang). Lambang negara
|
|
3.8
4.8
|
Mengenal lingkungan alam (hewan,
tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
Menyajikan berbagai karya yang
berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air,
batubatuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh
|
Hewan misalnya; jenis (nama, ciri-ciri,
bentuk), kelompok hewan berdasarkan makanan (herbivore, omnivore, carnivore),
kelompok hewan berdasarkan manfaat (hewan ternak/peliharaan/buas), tanaman
dikenalkan dengan jenis (tanaman darat/air, perdu/batang, buah/hias/ kayu,
semusim/tahunan), bermacam bentuk dan warna daun dan bermacam akar), berkembang
biak (biji/ stek/ cangkok/ beranak/ membelah diri/daun), cara merawat tanaman
dan seterusnya. Gejala alam (angin, hujan, cuaca, siang-malam, mendung, siklus
air, dst), tanah, batu, sebab akibat kejadian, dan seterusnya.
|
|
3.9
4.9
|
Mengenal teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan
tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
|
Nama benda, bagian-bagian benda,
fungsi, cara menggunakan secara tepat, dan cara merawat. Alat dan benda yang
dimaksud dapat berupa peralatan sekolah, perabot rumah tangga, perkakas
kerja, peralatan elektronik, barang-barang bekas pakai.
|
|
Sosial
Emosional
|
2.5
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap percaya diri
|
Cara memberi salam pada guru atau
teman, cara untuk berani tampil di depan teman, guru, orang tua dan
lingkungan sosial lainnya, cara menyampaikan keinginan dengan santun.
|
2.6
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
|
Aturan bermain
Aturan di satuan PAUD
Cara mengatur diri sendiri misalnya
membuat jadwal atau garis waktu
Cara mengingatkan teman bila bertindak
tidak sesuai aturan
|
|
2.7
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara)
untuk melatih kedisiplinan
|
Cara menahan diri saat marah, cara
antri, Ciri diri dan orang lain, Cara menyelesaikan gagasannya hingga tuntas,
berusaha tidak menyakiti atau membalas dengan kekerasan
|
|
2.8
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
kemandirian
|
Pemahaman tentang mandiri, Perilaku
mandiri, Cara merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau
melakukan sesuatu tanpa harus dibantu atau dengan bantuan seperlunya
|
|
2.9
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
|
Keuntungan mengalah Cara menawarkan
bantuan pada teman atau guru, Cara menenangkan diri dan temannya dalam
berbagai situasi,
senang berbagi makanan atau mainan.
|
|
2.10
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap kerjasama
|
Perilaku anak yang menerima perbedaan
teman dengan dirinya, cara menghargai karya teman, cara menghargai pendapat
teman, mau berbagi, mendengarkan dengan sabar pendapat teman, cara berterima
kasih atas bantuan yang diterima.
|
|
2.11
|
Memiliki perilaku yang dapat
menyesuaikan diri
|
Kegiatan transisi, Cara menghadapi
situasi berbeda Cara menyesuaikan diri dengan cuaca dan kondisi alam.
|
|
2.12
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap tanggungjawab
|
Pemahaman tentang tanggung jawab,
pentingnya bertanggung jawab, cara bertanggung jawab (mau mengakui kesalahan
dengan meminta maaf), cara merapihkan/ membereskan mainan pada tempat semula,
mengerjakan sesuatu hingga tuntas, mengikuti aturan yang telah ditetapkan
walaupun sekali-kali masih harus diingatkan, senang menjalankan kegiatan yang
jadi tugasnya (misalnya piket sebagai pemimpin harus membantu menyiapkan alat
makan, dst).
|
|
3.13
4.13
|
Mengenal
emosi diri dan orang lain
Menunjukkan reaksi emosi diri secara
wajar
|
Cara menghadapi orang yang tidak
dikenal, Penyebab sedih, marah, gembira, kecewa, atau mengerti jika ia
menganggu temannya akan marah, jika ia membantu temannya akan senang,
mengendalikan emosi secara wajar
|
|
3.14
4.14
|
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan
minat diri
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan
minat diri dengan cara yang tepat
|
Cara mengungkapkan apa yang
dirasakannya (lapar ingin makan, kedinginan memerlukan baju hangat, perlu
payung agar tidak kehujanan, kepanasan, sakit perut perlu obat), tehnik mengambil
makanan sesuai kebutuhan, menggunakan alat main sesuai dengan gagasan yang
dimilikinya, membuat karya sesuai dengan gagasannya
|
|
Bahasa
|
2.14
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman
|
Cara berbicara secara santun,
menghargai teman dan orang yang lebih tua usianya, pemahaman sikap rendah
hati
Contoh perilaku rendah hati dan santun
|
3.10
4.10
|
Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
Menunjukkan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
Cara menjawab dengan tepat ketika
ditanya, cara merespon dengan tepat saat mendengar cerita atau buku yang
dibacakan guru, melakukan sesuai yang diminta dengan beberapa perintah, menceritakan
kembali apa yang sudah didengarnya
|
|
3.11
4.11
|
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan
bahasa secara verbal dan non verbal)
Menunjukkan kemampuan
berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
Mengungkapkan keinginannya,
menceritakan kembali, bercerita tentang apa yang sudah dilakukannya, mengungkapkan
perasaan emosinya dengan melalui bahasa secara tepat.
Menggunakan buku untuk berbagai
kegiatan
|
|
3.12
4.12
|
Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal
dalam berbagai bentuk karya
|
Membaca gambar, membaca simbol,
menjiplak huruf, mengenali huruf awal di namanya, menuliskan huruf-huruf
namanya, menuliskan pikirannya walaupun hurufnya masih terbalik atau tidak
lengkap, hubungan bunyi dengan huruf, mengucapkan kata yang sering
diulang-ulang tulisannya pada buku cerita, mengeja huruf, membaca sendiri,
hubungan angka dan bilangan.
|
|
Seni
|
2.4
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap estetis
|
Cara menjaga kerapihan diri, dan cara
menghargai hasil karya baik dalam bentuk gambar, lukisan, pahat, gerak, atau
bentuk seni lainnya,
cara merawat kerapihan-kebersihan-dan
keutuhan benda mainan atau milik pribadinya.
|
3.15
4.15
|
Mengenal berbagai karya dan aktivitas
seni
Menunjukkan karya dan aktivitas seni
dengan menggunakan berbagai media
|
Membuat berbagai hasil karya dan
aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni musik, karya tangan dan
lainnya
Menampilkan hasil karya seni
|
Keterangan:
Pengembangan
Sikap diterapkan secara rutin yang dituangkan dalam jadwal kegiatan rutin
harian. Pengembangan sikap dilakukan melalui keteladanan dari guru secara
konsisten. Untuk membentuk konsistensi pembentukan sikap maka kegiatan rutin
dipandu dalam Standar Operasional Prosedur (SOP).
E.
Kalender
Pendidikan dan Program Tahunan TK Miftahul Falah
1.
Kalender
Pendidikan
Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk
kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran.Kalender
pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu
pembelajaran efektif dan hari libur.
Setiap permulaan tahun pelajaran TK Miftahul Falah menyusun
kalender pendidikan untuk mengatur waktu kegiatan pembelajaran selama satu
tahun ajaran yang mencakup tahun permulaan ajaran, minggu efektif belajar,
waktu pembelajaran efektif dari hari libur sekolah. Pengaturan waktu belajar di
TK Miftahul Falah mengacu pada standar isi disesuaikan dengan kebutuhan peserta
didik, kebutuhan sekolah dan masyarakat serta ketentuan lain dari pemerintah
daerah
Beberapa aspek penting yang akan diperhatikan dalam
menyusun kalender pendidikan di TK Miftahul Falah adalah:
a.
Permulaan tahun pelajaran adalah waktu
dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran. Permulaan tahun
pelajaran telah ditetapkan oleh pemerintah.
b. Minggu
efektif belajar adalah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran.
c. Waktu
pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi
jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata program pengembangan termasuk muatan
local, ditambah jam untuk pengembangan diri.
d. Waktu
libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak ada kegiatan pembelajaran
terjadwal. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan keputusan Menteri
Pendidikan Nasional dan atau Menteri Agama dalam hal ini yang berkaitan dengan
Hari Raya Keagamaan. Kepala Daerah Tingkat Kabupaten dan Dinas Pendidikan
Kecamatan serta sekolah dapat menetapkan hari libur khusus.
e. Waktu
libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir pada
tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar
nasional pada hari-hari libur khusus.
f.
Libur jeda tengah semester, jeda antar
semester, libur akhir tahun pelajaran digunakan untuk menyiapkan kegiatan dan
administrasi akhir dan awal tahun.
2.
Program
Tahunan
Program Tahunan merupakan program
kegiatan yang akan dilaksanakan untuk satu tahun ajaran, baik yang berhubungan
dengan pelaksanaan kurikulum yang meliputi awal ajaran, puncak tema, hari
libur, sampai ke pembagian laporan hasil perkembangan anak, juga kegiatan
pendukung, kegiatan parenting dan kegiatan layananan kesehatan dan gizi anak.
Kegiatan pendukung juga merupakan
kegiatan tahunan yang biasa dilaksanakan di TK Miftahul Falah seperti kegiatan
mendatangkan narasumber sesuai tema, mengunjungi lokasi sesuai tema, outing
class, pentas seni dan prestasi anak, dan
hari kartini.
Layanan Kesehatan dan Gizi, berupa
penimbangan, DDTK, pemberian imunisasi campak rubella, pemeriksaan kesehatan
gigi, pemeriksaan kesehatan kuku, pemberian makanan tambahan anak sekolah
(PMTAS).
I.
Standar
Operasional Prosedur (SOP)
1.
Pengertian
SOP Pembelajaran merupakan langkah-langkah untuk menjalankan
pembelajaran PAUD dalam mencapai semua kompetensi inti (sikap spiritual, sikap
sosial, pengetahuan dan keterampilan) dan standar tingkat pencapaian
perkembangan anak. SOP menjadi sistem yang memberikan pedoman kerja, kapan,
dimana, oleh siapa dan cara bagaimana pembelajaran dijalankan terutama dalam
mengatur program pembelajaran yang bersifat rutin dan habituasi. Kegiatan rutin
dan terus berulang dilakukan guru biasanya kegiatan pembiasaan dan keteladanan
dalam mencapai sikap spiritual dan sikap sosial.
SOP Pembelajaran PAUD terutama ditujukan untuk mewujudkan pencapaian
kompetensi yang terkait dengan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial. SOP
memandu pembelajaran mulai dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran,
sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dari awal hingga akhir
dapat dijalankan secara runut, teratur dan produktif.
1.
Fungsi
1. Memperlancar
petugas di lingkungan satuan PAUD dalam melaksanakan tugasnya.
2. Mempermudah
penemuan hambatan yang mungkin muncul dalam pelaksanaan tugas baik hambatan
tersebut datangnya dari dalam maupun dari luar.
3. Mendisiplinkan
semua pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan aturan yang disepakati
bersama.
4. Membangun
cara kerja yang lebih tertata dan disiplin.
5. Membangun
konsistensi atau keajegan perilaku pendidk yang diperlukan dalam mengembangkan
karakter anak.
2. Manfaat
a. Semua
orang yang ada di satuan PAUD memiliki standar yang sama dalam melayani dan
memfasilitasi anak belajar.
b. Memudahkan
dalam pengkaderan bagi pendidik baru untuk mengenal cara memberikan layanan di
satuan PAUD tersebut.
c. Sebagai
informasi terbuka bagi tenaga pendidik, kependidikan dan orang tua tentang
layanan yang baik dan sistematis.
3. Syarat
a. Mudah
dilaksanakan oleh seluruh pendidik.
b. Memuat
pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
c. Memuat
langkah-langkah jelas yang harus dilakukan.
4. Cara Penyusunan SOP
a.
Menjabarkan setiap kegiatan dari jadwal
kegiatan harian.
b.
Identifikasi kemampuan yang ingin
dibangun.
c.
Susunlah ke dalam
langkah-langkah kegiatan yang teratur dan jelas.
BAGIAN III
DOKUMEN II
A. Program
Semester (Prosem)
Program semester TK Miftahul Falah memuat
unsur Kompetensi Dasar (KD), tema, sub tema, dan alokasi waktu. Penentuan KD
memuat seluruh aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM), Fisik Motorik (FM),
Kognitif (K), Sosial-emosional (Sosem), Bahasa (B), dan Seni (S). Penulisan KD
dapat ditulis lengkap atau dapat dituliskan kodenya saja. Tema dapat
dikembangkan menjadi sub tema atau sampai sub-sub tema. Alokasi waktu
disesuaikan dengan kebutuhan setiap tema/subtema/topik KD dapat diulang-ulang
di tiap tema/sub tema/sub-sub tema.
B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mingguan (RPPM)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mingguan (RPPM) disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. RPPM dijabarkan
dari Program Semester. RPPM berisi:
1.
Identitas Program
Identitas
Program memuat: Nama Sekolah, semester/bulan/
minggu keberapa, Tema/sub tema/topik diambil dari tema/sub tema/sub-sub tema yang
disusun di program semester, kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran
program.
2.
KD yang dipilih
Kompetensi
Dasar (KD) yang ditetapkan di RPPM sesuai dengan KD yang ditetapkan di program
semester, Komposisi KD yang diambil mewakili seluruh program pengembangan. KD
untuk sub tema atau sub-sub tema dapat diambil seluruhnya atau hanya sebagian
dari KD yang ada di tema, KD yang sudah dipilih dapat diulang kembali untuk
digunakan ditema lain.
3.
Materi Pembelajaran
Materi
Pembelajaran diambil dari materi pembelajaran yang sudah dijabarkan di KTSP.
Materi pengembangan sikap dimasukkan kedalam SOP dan menjadi pembiasaan yang
diterapkan sehari-hari sepanjang tahun, materi pembelajaran dikaitkan dengan
tema/sub tema/topik dan diulang-ulang sesuai dengan alokasi waktu RPPM untuk
penguatan kemampuan anak.
4.
Rencana Kegiatan
Rencana
Kegiatan berisi beberapa rencana kegiatan yang dapat diikuti anak, harus
menarik dan memperbolehkan anak-anak untuk memilih dari banyak kegiatan yang di
siapkan guru, harus bervariasi agar anak tidak bosan, jumlah kegiatan minimal 4
kegiatan yang berbeda, harus mencerminkan pendekatan saintifik, memperhatikan
model pembelajaran, dan disesuaikan dengan tema.
C. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Harian (RPPH)
Rencana pelaksanaan pembelajaran harian
(RPPH) adalah acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari. Komponen
RPPH terdiri dari:
1.
Identitas RPPH, memuat:
a.
Nama satuan PAUD adalah nama satuan PAUD
yang menyusun RPPM.
b.
Semester/bulan/minggu yang ke berapa.
c.
Hari/tanggal.
d.
Tema/Sub tema/Topik
e.
Kelompok usia anak diisi dengan kelompok
sasaran.
2.
Materi
a.
Materi diambil dari materi yang telah
dijabarkan di RPPM.
b.
Materi dapat dibedakan: materi kegiatan
dan materi pembiasaan.
3. Alat
dan Bahan
4. Kegiatan
Pembukaan
a. Kegiatan
pembukaan ditujukan untuk membantu membangun minat anak agar anak siap bermain
di kegiatan inti dan untuk mengenalkan materi pembelajaran.
b. Kegiatan
pembelajaran dimanfaatkan guru untuk mengenalkan kegiatan bermain yang sudah
disiapkan, aturan bermain, menerapkan pembiasaan-pembiasaan, dan sebagainya.
5.
Kegiatan Inti
a. Proses
belajar menerapkan pendekatan saintifik yakni anak mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan.
b. Kegiatan
inti memberikan kesempatan anak untuk bereksplorasi membangun pengalaman
bermain yang bermakna.
c. Kegiatan
bermain disesuaikan dengan model pembelajaran sentra/area/sudut/kelompok dengan
kegiatan pengaman.
d. Jumlah
kegiatan yang dilaksanakan setiap harinya minimal 4 kegiatan.
e. Penguatan
mengingat (recalling) untuk
menguatkan kembali pengalaman bermain dan konsep yang dipelajari anak.
6.
Kegiatan Penutup
a. Kegiatan
penutup dilakukan di akhir kegiatan hari tersebut.
b. Diisi
dengan berbagai kegiatan yang membuat anak rileks.
c. Dapat
mengulang kembali apa yang dilakukan pada saat kegiatan pembukaan.
d. Dapat
diisi dengan kegiatan rutin untuk memperkuat sikap yang diharapkan.
e. Kegiatan
penutup dilakukan untuk menarik minat anak belajar esok harinya.
7.
Rencana Penilaian
Rencana
penilaian memuat indikator perkembangan dan teknik pengumpulan data yang akan
digunakan.
D.
Penilaian
Penilaian merupakan proses pengukuran
terhadap tahapan perkembangan anak yang dicapai sebagai hasil dari kegiatan
belajar anak. Penilaian kegiatan belajar di PAUD menggunakan pendekatan
penilaian otentik. Penilaian otentik merupakan penilaian proses dan hasil
belajar untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap (spiritual dan
sosial), pengetahuan dan keterampilan. Pengisian format penilaian perkembangan
anak merupakan proses penilaian yang dilakukan secara sistematis yang diawali
dengan pengamatan yang dilakukan setiap hari, pencatatan harian, penganalisaan
data setiap bulan, dan rekap perkembangan selama semester.
Pencatatan harian penilaian perkembangan
anak menggunakan beberapa instrument format, yaitu:
1. Format penilaian harian yang diisi guru dari
hasil pengamatan saat anak bermain atau melakukan kegiatan rutin harian.
2. Catatan
Anekdot, mencatat seluruh perkembangan
anak selama mengikuti kegiatan pembelajaran dari waktu ke waktu atau dari hari
ke hari. Hal-hal pokok yang dicatat dalam catatan anekdot meliputi nama anak yang
dicatat perkembangannya, waktu pengamatan, kegiatan main atau pengalaman
belajar yang diikuti anak, dan perilaku termasuk ucapan yang di sampaikan anak
selama berkegiatan.
3. Hasil
Karya adalah buah pikir anak yang dituangkan dalam bentuk karya nyata dapat
berupa pekerjaan tangan, karya seni atau tampilan anak, misalnya: gambar,
lukisan, lipatan, hasil kolase, hasil guntingan, tulisan/coretan-coretan, hasil
roncean, bangunan balok, tari, hasil prakarya dll.
4. Pelaporan
Laporan semester atau Laporan Perkembangan Anak adalah berisi hasil pengolahan
data tentang perkembangan anak yang dikumpulkan selama enam bulan atau satu
semester. Pelaporan hasil perkembangan anak dapat dibedakan menjadi laporan
berkala, yang disesuaikan dengan jadwal kalender akademik yang ditetapkan
satuan PAUD dan Pelaporan Insidental disampaikan apabila ada hal-hal yang
terkait dengan perkembangan anak yang dianggap penting untuk segera dibicarakan
bersama dengan orang tua. Laporan insidental dapat disampaikan secara lisan
atau dicatat dalam buku penghubung. Bentuk Pelaporan Semester Laporan semester
disampaikan dalam bentuk narasi, hasil
rangkuman perkembangan anak didik sebagai dampak dari proses belajar
selama satu semester. Dalam menyusun ulasan (deskripsi) ditulis dengan kalimat
yang efektif/ tidak terlalu rumit dan obyektif
sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang tua atau bagi
yang berkepentingan terhadap Laporan Perkembangan Anak Didik. Laporan yang
ditulis guru hendaklah dalam kalimat positif, jelas, mudah dipahami, serta
menggunakan tata bahasa dan ejaan yang benar.
BAGIAN IV
PENUTUP
Syukur
alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, kami tim penyusun Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan TK Miftahul Falah sudah berhasil menyusun kurikulum
ini walaupun jauh dari sempurna.
Besar
harapan kami mudah-mudahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan TK Miftahul
Falah ini dapat memberikan kontibusi besara terhadap perkembangan pendidikan
khususnya bagi lembaga TK Miftahul Falah, umumnya bagi lembaga pendidikan lain.
Kami
tim penyusun kurikulum pendidikan TK Miftahul Falah mohon maaf yang
sebesar-besarnya bila terdapat kekurangan dalam kurikulum ini, dan tak lupa kami
ucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya guru-guru TK Miftahul
Falah atas kerja samanya dalam penyelesaian kurikulum ini, mudah-mudahan Allah
SWT membalas amal baik kita semua. Amin YRA.
Cimaung, 31 Juli 2017
Kepala TK Miftahul Falah
Kecamatan Cimaung
IRNA
RISTINA F, A.Ma
BAGIAN V
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Terimakasih atas ilmunya, izin copy yah.
BalasHapusadakah file lengkapnya..kalau ada tolong dikrem ke email jamaluddinespede@gmail.com
BalasHapusTerimakasih atas ilmunya izin copy
BalasHapusTerima kasih atas ilmunya izin Copy 🙏🙏
BalasHapusterima kasih banyak ilmunya
BalasHapusJazakumullahu khairon katsiro
BalasHapus